Cara Mudah Membuat Email Dengan Akhiran Domain Sendiri


Selamat Datang di Wahyu Development, kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat E-mail dengan alamat domain anda sendiri. E-mail adalah sebuah surat digital yang dapat dikirimkan kepada seseorang secara cepat dan tanpa batas teritorial. E-mail perusahaan ataupun pemerintahan pastinya memiliki ciri khas tersendiri dengan akhiran alamat domain mereka sendiri. Contoh seperti waluyojati@waluyojati.desa.id.

Dan disini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat E-mail dengan akhiran alamat domain anda sendiri. Yang perlu anda lakukan adalah memiliki hosting. Hosting adalah penyedia layanan penyimpanan data, dimana anda menyewa tempat tersebut untuk menyimpan semua data anda baik berupa teks, gambar, ataupun video. Ok langsung saja!

Pertama anda harus memiliki hosting, jika sudah silahkan anda buka halaman client anda di penyedia layanan tersebut dengan memasukan E-mail dan Password yang anda gunakan saat pendaftaran


Lalu klik Login to Cpanel, maka anda akan melihat berbagai menu yang tersedia di Cpanel seperti ini.


Pada halaman Cpanel silahkan anda cari kumpulan menu Email seperti ini, mungkin setiap penyedia layanan berbeda-beda sehingga tampilannya tidak sama persis, tapi menu yang terpenting digunakan pastinya ada. Silahkan anda klik Email Account.


Pada halaman Email Account akan tampil seperti ini, silahkan anda klik + Create.


Setelah anda meng-klik + Create, maka akan tampil seperti ini, silahkan anda isikan Username dan Password yang anda inginkan, pada kolom Username maka anda dapat melihat domain anda sehingga jika pada halaman Cpanel terdapat beberapa domain anda dapat memilihnya. Pilih media penyimpanan yang Unlimited agar ketika menerima banyak Email kapasitas penyimpanan tidak habis sehingga dapat membuat pesan tersebut tidak dapat masuk atau hilang.


Jika sudah melakukan pengaturan diatas, silahkan anda scroll kebawah lalu klik + Create. Maka akan tampil seperti ini.


Lalu untuk membuka Email silahkan anda klik Check Email, maka akan tampil seperti ini.


Disini biasanya terdapat 2 pilihan tampilan Webmail, yaitu Horde atau Roundcube, silahkan anda pilih salah satu bebas sesuai keinginan anda, jika ingin mengganti tampilan Webmail anda juga hanya tingga meng-klik tampilan yang tersedia. Jika sudah memilih tampilan silahkan klik Open maka anda akan melihat tampilan Webmail milik anda sendiri dengan akhiran domain anda sendiri.


Jika halaman Webmail kosong, silahkan anda logout terlebih dahulu sebelum menggunakannya, kemudian masuk kembali dengan Username dan Password yang telah anda buat tadi.

Kenapa harus logout terlebih dahulu, karena ketika anda membuka Webmail melalui Cpanel, biasanya itu akan masuk ke Webmail default, sehingga jika anda mengirimkan pesan maka alamat Email tersebut tidak dapat dibalas oleh orang lain, sehingga anda tidak akan mendapat balasan apa yang akan di kirim oleh orang tersebut.

Agar memudahkan anda dalam membuka Webmail silahkan anda Bookmark halaman tersebut, sehingga ketika dibuka maka akan langsung meminta Username dan Password yang telah anda buat, bukan secara defalut.

Itulah cara membuat Email dengan akhiran domain anda sendiri, berikan komentar anda dan semoga bermanfaat . . .

0 Response to "Cara Mudah Membuat Email Dengan Akhiran Domain Sendiri"

Post a Comment

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel