Pengertian Singkatan pada Website Authority Lengkap


Selamat Datang di Wahyu Development, kali ini saya akan membagikan informasi mengenai singkatan-singkatan pada halaman Website Authority. Website Authority adalah informasi mengenai peringkat ataupun jumlah banyaknya backlink yang digunakan oleh orang lain pada website anda. 



Mungkin untuk orang awam tidak mengerti ketika sedang melakukan analisa pada website dengan penyedia layanan Checker yang kini banyak tersedia dan gratis, muncul informasi seperti DA PA TB dan lain sebagainya. Oleh karena itu saya akan menjelaskan apa singkatan-singkatan dari informasi tersebut.

DA (Domain Authority)

Domain authority adalah sebuah website metric yang menjadi ukuran kepercayaan dari sebuah situs atau website berdasarkan  rujukan yang berasal dari mesin pencari dan pengguna, seperti yang telah dikembangkan oleh Moz, domain authority adalah sebuah faktor penting yang mempengaruhi trafik dan ranking dari sebuah website, karena domain authority adalah acuan atau barometer dari tingkat kepercayaan situs itu sendiri. Cara untuk meningkatkan Domain Authority sebagai berikut:
  1. Membuat Konten Berkualitas
  2. Mempromosikan Konten Tersebut
  3. Media Sosial
  4. Membangun Internal Link yang Kuat
  5. Membuat Banyak Backlink Pada Setiap Konten
  6. Konsisten dan Sabar

PA (Page Authority)

Page Authority adalah informasi mengenai website dimana website tersebut sering muncul di mesin penelusuran, semakin tinggi nilai Page Authority maka semakin sering artikel website tersebut muncul di mesin penelusuran. Dengan memiliki PA yang tinggi membuat artikel pada website tersebut cepat terindex dan tampil di mesin penelusuran. Cara untuk meningkatkan Page Authority sebagai berikut:
  1. Konten Original
  2. Rutin Update Artikel
  3. Manambahkan Gambar pada Artikel seperti ketentuan Aturan Google.

TB (Total Backlink)

Total Backlink adalah informasi jumlah link website yang sudah tersebar, artinya ketika anda membagikan link website di media sosial dan website lainnya pada halaman komentar akan di hitung oleh MOZ sebagai backlink website anda.

QB (Quality Backlink)

Quality Backlink masih sama dengan Total Backlink akan tetapi ini hanya menunjukan backlink yang memiliki kualitas terbaik. Artinya website anda telah memiliki kualitas backlink di beberapa situs dengan posisi link terbaik serta backlink tersebut terdapat di website yang memiliki rank pada google.

PQ (Percentage of Quality Backlink)

Percentage of Quality Backlink adalah informasi persentasi backlink yang telah anda dapatkan. Jumlah maksimal persentasi adalah 100% semakin tinggi Total Backlink maka persentase ini akan ikut naik.

MT (MozTrust)

MozTrust adalah algoritma kepercayaan yang memberikan nilai kepercayaan sampai 10 poin, artinya algoritma ini digunakan untuk mengukur mengenai tingkat kepercayaan artikel/konten yang telah anda buat, semakin baik artikel/konten anda maka nilai MozTrust akan meningkat. Karena mesin penelusuran juga akan mengambil data dari MOZ untuk menunjang hasil penelusurannya.

SS (Spam Score)

Spam score adalah persentase dari website-website yang mempunyai fitur yang sama dengan halaman tersebut yang sudah dipenalti oleh Google. Ini adalah sebuah metode penilaian dengan menimbang 27 faktor Spam yang dipergunakan oleh Moz untuk menentukan apakah suatu cenderung spam atau tidak.
  1. Hanya mempunyai sedikit konten dalam satu nama domain
  2. Menggunakan TLD yang sering digunakan oleh website spam seperti .info, .cc, .pl, dll
  3. Panjang nama domain dan subdomain yang mirip dengan yang digunakan situs spam
  4. Nama domain memakai angka sering ditemukan pada website spam
  5. Tidak menggunakan font khusus cukup umum ditemukan di website spam
  6. Google tag manager hampir tidak pernah ditemukan di website spam
  7. Tag iklan double klik jarang ditemukan di website spam
  8. Website spam jarang memasag nomor telepon di website mereka
  9. Jarang sekali website spam mempunyai halaman linkedin
  10. Alamat email juga jarang ditemukan di website spam
  11. HTTPS jarang sekali digunakan oleh website spam
  12. Website yang cenderung spam biasanya menggunakan meta keywords
  13. Website dengan kunjungan yang sangat sedikit di panel Jumpshot’s clickstream cenderung merupakan website spam
  14. Penggunaan rel=canonical non-lokal sering diasosiasikan dengan spam
  15. Panjang dari Judul Halaman yang sangat panjang atau sangat pendek merupakan ciri-ciri spam
  16. Panjang dari meta description yang sangat panjang atau sangat pendek merupakan ciri-ciri spam
  17. Penggunaan meta keywords, yang sangat menumpuk kata kunci
  18. Tidak menggunakan favicon juga umum dilakukan website spam
  19. Tidak ditemukannya Facebook Tracking Pixels bisa menjadi sinyal spam
  20. Website spam biasanya mempunyai jumlah external link yang tidak wajar
  21. Website spam biasanya memasang link keluar menuju nama domain yang sama dalam jumlah yang tidak wajar
  22. Rasio antara jumlah link dan jumlah teks konten yang tidak wajar
  23. Website spam seringkali mempunyai huruf vokal dan huruf konsonan yang berurutan di dalam nama domain mereka
  24. Website spam umumnya memakai tanda hubung berkali-kali di dalam nama domainnya
  25. Website spam umumnya mempunyai URL yang panjangnya tidak wajar
  26. Di dalam halaman website spam sering ditemukan kata-kata yang erat kaitannya dengan topik webspam seperti, obat-obatan, konten dewasa, game, dll
  27. Penggunaan kata-kata topik webspam seperti, obat-obatan, konten dewasa, game, dll di dalam teks jangkar juga merupakan indikasi kuat website spam.

OS (Off Page SEO)

Off Page SEO adalah informasi nilai/peringkat rujukan website lain menuju website anda. Artinya website lain telah membuat sebuah website atau konten dengan merujukan pembuatnya adalah website anda. Semakin tinggi persentase Off Page SEO maka rujukan website anda semakin banyak.

Age

Age adalah informasi mengenai umur domain anda, perlu anda ketahui bahwa Age (Umur) domain website hanya dapat dilakukan pada domain utama, artinya jika anda menggunakan Subdomain maka tidak akan tampil, karena subdomain akan mengikuti domain utama sehingga tidak dihitung.

Alexa

Alexa adalah informasi yang menunjukan posisi rank website anda di dunia baik secara global ataupun lokal. Semakin kecil nilai Alexa maka semakin populer website anda.

TC (Traffic Country)

Traffic Country menunjukan lebih spesifik posisi rank website anda pada sebuah negara.

TF (Trust Flow)

rust Flow adalah angka yang memprediksi seberapa terpercayanya sebuah halaman didasarkan pada bagaimana situs terpercaya cenderung terhubung dengan tetangga yang dapat dipercaya.

Faktor penentu TF adalah hanya backlink-backlink berkualitas yang berasal dari situs-situs terpercaya atau yang memiliki TF tinggi.

CF (Catation Flow)

Citation Flow atau CF adalah sebuah angka yang memprediksi seberapa “berpengaruhnya” sebuah URL berdasarkan jumlah situs yang terhubung dengannya.

IX (Indexed)

Indexed adalah sebuah informasi mengenai seberapa berpengaruhnya website anda di internet, semakin tinggi angka IX maka index pada penelusuran juga akan semakin mudah dan cepat.

DF (DoFollow)

Blog Dofollow adalah sebuah istilah yang di berikan pada web atau blog yang mengizinkan pengunjung untuk menaruh link pada bagian komentar. Hal ini berarti jika kita menruh link pada situs blog dofollow maka oleh google akan dihitung sebagai backlink.

NF (NoFollow)


Blog Nofollow adalah kebalikan dari blog dofollow. Jika pengunjung menaruh link maka oleh gooogle link tersebut tidak akan dihitung sebagai backlink.

Itulah pengertian singkatan informasi ketika anda telah selesai melakukan analisa pada website anda (Website Authority), berikan komentar anda dan semoga bermanfaat . . .

3 Responses to "Pengertian Singkatan pada Website Authority Lengkap"

  1. Mantap nih artikel jadi paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini mw di lengkapin mas, soalnya Matrixnya baru update kemarin🙏

      Delete

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel