Pengertian Tentang Hosting dan Penjelasan Lengkap

Selamat Datang di Wahyu Development, kali ini saya ingin membagikan informasi mengenai Hosting, berikut daftar yang akan saya jelaskan ;
Berikut penjelasan dari daftar isi diatas :

Apa Itu Hosting?
Mungkin untuk orang awam yang baru terjun kedunia internet tidak tahu apa itu Hosting, akan tetapi untuk kalangan publisher ataupun sebuah perusahaan pasti membutuhkan yang namanya Hosting. Definisi secara singkatnya, Hosting adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang dibutuhkan oleh website, sehingga dapat diakses melalui internet. Data yang disimpan dapat berupa Text/dokumen, Gambar, Video, dan File.

Dengan menggunakan Hosting atau biasa disebut DataBase sebuah website dapat menyimpan serta menampilkan produk yang dijualnya.
Produk disini tidak hanya seperti Pakaian, Aksesoris, Elektronik, Produk Kesehatan, atau Makanan. Melaikan mencangkup segalanya, seperti Jasa Layanan Servis dan Layanan Belajar. Hal ini terjadi karena kini semua kegiatan akan beralih ke internet yang disebut IoT (Internet of Things).

Dengan menggunakan Hosting anda tidak perlu repot-repot menyiapkan media penyimpanan yang harus hidup 24 Jam, sebenarnya anda bisa saja membuat Hosting sendiri dengan menggunakan Komputer/Laptop anda, akan tetapi hal ini mungkin akan membutuhkan banyak biaya, karena Komputer/Laptop harus tetap dingin agar kinerjanya tidak melambat, jadi anda harus menyiapkan ruangan kusus untuk server beserta AC agar ruangan tetap dingin. Tidak hanya itu saja anda harus menyiapkan antisipasi saat listrik padam sehingga anda harus membeli UPS untuk menyimpan daya listrik saat listrik padam.

Hal ini pastinya membutuhkan biaya lebih banyak dibandingkan anda menyewa Hosting yang biaya-nya jauh lebih murah yakni kisaran 780rb per tahun. Jika anda menggunakan Hosting sendiri mungkin biaya akan jauh lebih banyak dibandingkan menyewa Hosting.

Apa perbedaan Hosting dengan Blogspot?
Perlu anda ketahui Hosting dengan Blogspot sebenarnya sama saja, bedanya Hosting itu media penyimpanannya berbayar sedangkan Blogspot media penyimpanannya gratis, karena Blogspot dibuat dan disediakan oleh Google. Anda tahu sendirikan Google adalah perusahaan raksasa, dimana Google menyimpan seluruh DataBase di Dunia ini untuk kepentingan Google. Tanpa kita sadari daftar riwayat anda pun ada di Google, entah untuk apa semua data ini, yang jelas Google membutuhkannya.

Dan kenapa Hosting berbayar, agar data anda dapat disimpan dan dikelola oleh diri anda sendiri, sehingga ketika semua data pribadi anda dihapus maka tidak  ada data yang tersisa (tidak meninggalkan jejak), karena Google tidak menyimpannya, melainkan hanya sebagai menyebarkan informasi melalui URL website anda.

Apa perbedaan Hosting Gratis dengan Hosting Berbayar?
Sebenarnya ada Hosting yang gratis dan unlimeted disk space, artinya tidak memiliki batasan penyimpanan. Akan tetapi ketika anda menggunakan Hosting gratis pengelolaan website anda tidak senyaman yang berbayar, karena pada Hosting gratis batasan kecepatan pengelolaan website dibatasi.


Contoh pertama pada Hosting gratis, ketika anda ingin mengganti tema/themes dengan themes yang anda download sendiri melalui Google maka ukuran tema/themes jauh lebih besar yakni lebih dari 1 Mega Byte, saat anda ingin menambahkan/mengunggah tema/themes tersebut maka website anda akan membutuhkan waktu lebih lama sehingga akhirnya terjadi error dan tema/themes gagal untuk dipasang.

Contoh kedua pada Hosting gratis, saat ada pembaruan plugin atau themes ketika anda klik update jika plugin atau themes tersebut lama dalam pengupdate an maka DataBase anda dapat terjadi kesalahan/error dan hal ini membutuhkan waktu beberapa Jam untuk dapat menampilkan website anda kembali.

Contoh ketiga pada Hosting gratis, pada contoh yang ketiga ini sangat terasa bedanya, dimana website anda akan terasa lambat dalam pengaksesan serta URL website anda akan muncul tampilan Not Secure yang artinya website anda rentang dalam peretasan karena tidak memiliki keamanan SSL.

Sedangkan jika anda menggunakan Hosting yang berbayar maka masalah yang ada diatas tidak akan terjadi, karena anda telah memiliki sertifikasi (Hak) untuk mengelola website anda.

Bagaimana Cara Memesan Hosting?
Cara untuk memesan hosting sangatlah mudah, anda hanya perlu survey penyedia layanan Hosting mana yang ingin anda gunakan, karena semua penyedia layanan Hosting memiliki kelebihan tersendiri.

Akan tetapi menurut saya yang paling penting adalah supportnya, dimana support ini membantu anda untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada, dengan adanya support yang bertanggungjawab serta  menggunakan bahasa yang sopan dan enak dibaca, itu adalah kenyamanan yang dicari.

Disini saya mencontohkan dengan memesan hosting di Rumah Web, dilihat dari segi kenyamanan support serta bahasa yang enak dan harga yang terjangkau yakni 580.000 untuk pendaftaran pertama  dan  harga tahun selanjutnya 780.000/tahun.

Seperti pada umumnya pemesanan Hosting terdapat paketnya, silahkan anda pilih paket yang anda inginkan, jika anda sudah memiliki domain silahkan anda pilih Hosting saja. Perlu anda ketahui, jika anda membeli Hosting + Domain maka domain tersebut tidak dapat dirubah, jika ingin dirubah maka anda harus membelinya kembali. Maka dari itu untuk pembelian Hosting pikirkanlah nama Domain yang benar-benar anda inginkan.

Jika anda sudah mempunyai domain silahkan pilih Hosting saja -- Lalu masukan Domain yang sudah anda punya. Langkah berikutnya silahkan masukan DNS yang tertera pada server Hosting anda dan masukan ke dalam penyedia layanan Domain anda.

Itulah pengertian tentang Hosting dan penjelasannya lengkap, silahkan jika ada yang ingin bertanya tuliskan komentar anda dibawah dan semoga artikel saya bermanfaat . . .

0 Response to "Pengertian Tentang Hosting dan Penjelasan Lengkap"

Post a Comment

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel