Cara Mudah Menambahkan Subdomain Blogspot atau WordPress di Cloudflare Terbaru 100% Work


Wahyu Development - Bagaimana cara menambahkan subdomain di cloudflare? Apakah jika menggunakan cloudflare tidak dapat menambahkan subdomain?

Cloudflare pada pembahasan sebelumnya adalah sebagai pihak ke-3 dalam dunia internet, dimana cloudflare berperan sebagai penghubung antara domain dan localhost.

Mengapa bisa disebut penghubung?

Karena pada dasarnya sebuah alamat domain berupa angkat digital 1 dan 0, oleh karena itu angka digital ini di olah menjadi kata agar mudah diingat oleh manusia. Dan pengolahan domain membutuhkan sebuah server, domain yang didapat akan berada pada server sesuai pembelian domain, jika anda membeli domain menggunakan server Indonesia mungkin akses untuk keluar negara akan di filter sehingga akses menjadi agak lambat. Tetapi jika anda menggunakan domain yang telah di sediakan oleh Google seperti blogspot.com akses website tersebut tidak dibatasi, karena dasbor Blogger beralamat blogspot.com sehingga jika dibatasi penggunaan blogspot pada sebuah negara mungkin tidak akan digunakan karena memiliki akses yang lambat.

Maka dari itu perlu adanya pihak ke-3 dalam mengelola domain anda agar akses domain anda lebih cepat, mungkin kini jika menggunakan platform WordPress sudah terdapat plugin tapi jika masih menggunakan platform Blogspot hal ini perlu dilakukan pihak ke-3 agar akses website anda lebih cepat.

Ok langsung saja bagaimana cara membuat subdomain jika menggunakan Cloudflare.

Pertama, silahkan anda daftar akun Cloudflare dan masukan domain anda, jika anda tidak mengetahui caranya dapat membaca artikel berikut.


Jika sudah perlu diperhatikan pada tampilan DNS pada menu Cloudflare, disini harap nonaktifkan Proxied pada IP yang tertera pada DNS.


Jika terdapat subdomain yang menggunakan Proxied biarkan saja, mungkin itu adalah data sebelumnya yang dipasang di penyedia domain anda, yang terpenting adalah Proxied pada IP domain utama dimatikan, dengan cara cukup klik icon cloud.

Langkah selajutnya, silahkan anda masukan subdomain pada website yang ingin anda buat, jika sudah silhakan save, maka akan muncul notifikasi seperti ini.


Pada informasi yang didapat, silahkan masukan data tersebut ke DNS Cloudflare anda. Silahkan klik Add Record --> pilih CNAME, lalu masukan data sesuai berikut ini contoh :


[Catatan] pada penambahan subdomain usahakan tidak menggunakan Proxied, gunakan DNS only.

Jika sudah menambahakn pada DNS Cloudflare, silahkan anda refresh halaman blog anda, lalu masukan kembali subdomain yang anda inginkan. Dengan demikian subdomain anda berhasil dipasang.

Itulah cara menambah subdomain untuk platform Blogspot, jika anda menggunakan platform WordPress silahkan tambahkan subdomain dengan cara Add Record --> pilih NS, lalu masukan nama subdomain dan Name Server Hosting anda. Contoh seperti ini.


[Catatan] jika hosting anda memiliki 4 Name Server maka anda harus memasukannya sampai 4X, jika hanya 2, anda cukup memasukannya 2X.


Itulah cara membuat subdomain jika menggunakan platform WordPress. Berikan komentar anda jika ada hal yang mungkin ingin ditanyakan atau anda butuh tutorial lainnya silahkan request di kolom komentar. Semoga bermanfaat . . .

2 Responses to "Cara Mudah Menambahkan Subdomain Blogspot atau WordPress di Cloudflare Terbaru 100% Work"

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel