Cara Menggunakan Satu Domain Untuk Beberapa Platform Yang Berbeda


Wahyu Development - Bagaimana menggunakan satu domain untuk menghubungkan 2 platform Blogspot dan WordPress?

Sebelum membahas lebih dalam, tahukan anda bahwa kedua platform tersebut menggunakan aturan Name Server yang berbeda, jika anda menggunakan Blogspot Cpanel harus menggunakan Name Server secara defauld agar dapat menggunakan DNS Management. Sedangkan WordPress harus menggunakan Name Server sesuai Name Server hosting yang telah anda miliki. Lalu bagaimana cara menggabungkan keduanya, agar dapat menggunakan subdomain dari domain yang telah anda miliki?


Pertama anda harus menggunakan pihak ketiga dalam hal ini, disini saya menggunakan Cloudflare. Jika anda belum memiliki akun Cloudflare silahkan daftar terlebih dahulu.


Jika sudah mempunyai akun Cloudflare, silahkan login terlebih dahulu --> lalu tambahkan domain utama yang telah anda miliki. Sama seperti tutorial sebelumnya.


Lalu bagaimana cara agar satu domain dapat dihubungkan kedua platform Blogger dan WordPress?

Silahkan daftarkan domain utama anda di platform blogspot terlebih dahulu, maka secara otomatis data dari Penyedia Domain akan di transfer ke Cloudflare. Maka akan tampil seperti ini.


Untuk membuat subdomain Blogspot silahkan anda hanya perlu pilih CNAME lalu masukan Subdomain yang anda inginkan dan isi Target ghs.google.com. Contoh seperti gambar dibawah ini.


Lalu untuk menghubungkan subdomain ke platform WordPress silahkan anda masukan Name Server hosting yang telah anda miliki di Cloudflare, caranya seperti gambar dibawah ini. Disini saya mencontohkan menggunakan hosting Rumahweb.

Pada gambar diatas pilih NS lalu masukan subdomain yang anda inginkan dan masukan Name Server defauld hosting anda. Langkah berikutnya anda hanya perlu membuka Cpanel lalu menambahkan domain anda di Addon Domain.


Untuk memverifikasi SSL subdomain di WordPress silahkan anda baca artikel berikut ini.


Itulah cara menggunakan dua Platform yang berbeda dengan satu domain. Berikan komentar anda dan semoga bermanfaat . . .

2 Responses to "Cara Menggunakan Satu Domain Untuk Beberapa Platform Yang Berbeda"

  1. Jadi gini ya. Saya dulu pakai Cloudflare untuk SSL blog, tapi karena sudah ada SSL bawaan dari Blogger akhirnya ganti nameserver default rumahweb...

    ReplyDelete

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel