Cara Memasang Domain TLD pada Blogspot dan WordPress 100% Work


Wahyu Development - Bagaimana cara menggunakan atau memasang domain TLD pada Blogspot dan WordPress serta bagaimana keuntungan menggunakan domain TLD?

Perlu anda ketahui sebelumnya, domain adalah nama alamat internet, yang berbentuk angka 0 dan 1, akan tetapi oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) dipermudah dengan menggunakan huruf agar mudah dalam pengingatannya. Domain terdapat dua bentuk yang sering kita dengar, domain TLD dan subdomain. Domain TLD (Top Level Domain) adalah domain tingkat atas, misalnya wahyudevelopment.com (disebut sebagai domain TLD), sedangkan subdomain berasal dari penyedia layanan seperti Blogspot ataupun WordPress maka website anda akan menggunakan URL wahyudevelopment.blogspot.com atau wahyudevelopment.wordpress.com (disebut sebagai subdomain). Subdomain tidak hanya dari penyedia layanan, anda pun dapat membuat Subdomain anda sendiri.


Berikut cara menggunakan domain TLD yang telah anda beli di penyedia layanan. Pertama silahkan anda login ke dasbor --> lalu masuk ke Manage domain anda dari penyedia layanan, disini saya mencontohkan menggunakan Niagahoster.


Pada gambar diatas, Name Server digunakan untuk menghubungkan WordPress ke domain anda, silahkan ubah Name Server sesuai hosting website anda. Misalnya menggunakan hosting RumahWeb, maka anda harus memasukan Name Server dari RumahWeb ke penyedia domain anda. Untuk mendapatkan Name Server anda harus sudah memiliki hosting.


Pada hal ini ada 2 opsi. Pertama anda belum memiliki hosting, sehingga anda harus membeli hosting saja lalu masukan domain yang sudah anda miliki. Maka setelah membeli anda dapat melihat Name Server yang telah diberikan melalui dasbor Client Area.


Kedua anda telah memiliki hosting, silahkan ubah Name Server anda sesuai yang tertera di hosting anda, kemudian masuk ke Cpanel --> cari menu Addon Domains.


Pada menu Addon Domains silahkan tambahkan domain yang telah anda miliki. Jika sudah klik Add Domain.

[Catatan] Pada opsi yang kedua anda harus sudah memasukan Name Server hosting ke penyedia domain yang anda miliki.

Jika anda menggunakan Blogspot biarkan Name Server secara default. Akan tetapi jika anda menggunakan Blogspot harus mengatur DNS Management dan menambahkan alamat blogspot anda ke DNS Management. Silahkan anda klik Custom Blogspot.


Maka akan tampil seperti ini.


Bagaimana cara mendapatkan kode Domain dan Value? Silahkan anda masuk ke dasbor Blogger anda --> lalu klik Pengaturan Dasar. Pada bagian ini silahkan anda klik + Siapkan URL Pihak Ketiga.


Selanjutnya masukan nama domain yang telah anda beli atau miliki, silahkan klik Save. Maka akan tampil data seperti gambar dibawah ini.


Silahkan masukan data tersebut di Custom Blogspot pada DNS Management. Contoh seperti ini. Jika sudah klik Save Changes.


Silahkan tunggu kurang lebih 10 Menit, jika sudah refresh dasbor Blogspot anda dan masukan kembali domain anda --> lalu klik Save.

Keuntungan menggunakan domain TLD

  1. Mudah diingat URL, tetapi jika judul blog anda mudah diingat dan masuk halaman page one anda tidak perlu susah payah mengganti domain TLD, apalagi jika sudah ada AdSense lebih baik dipikirkan sebelum ganti.
  2. Cepat terindek, tapi tidak semua konten kini cepat terindek, semua tergantung konten juga.
  3. Mudah di pindah-pindah, artinya mudah di pindah di platform manapun. Sehingga jika sudah terdaftar AdSense tidak perlu membuat lagi.
Itulah cara memasang domain TLD pada Blogspot dan WordPress, berikan komentar anda jika ada hal yang perlu ditanyakan dan semoga bermanfaat . . .

2 Responses to "Cara Memasang Domain TLD pada Blogspot dan WordPress 100% Work"

  1. Ya, it's very true relay impressive content. Please share something on Laptop Data Recovery. And again a very thanks for sharing this kind of post.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok, i will make article about Data Recovery wait me, because i any other work :)

      Delete

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel