Cara Mencegah Domain Website di Anggap SPAM Facebook 100% Work


Selamat Datang di Wahyu Development, kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara agar URL website anda tidak terkena SPAM Facebook. Mungkin jika sudah terkena SPAM Facebook itu sangat menjengkelkan karena anda tidak dapat lagi membagikan URL ke media sosial Facebook ataupun Instagram, karena kedua media sosial itu di pegang dalam satu perusahaan. Perlu anda ketahui domain di anggap SPAM oleh Facebook itu biasanya karena dilaporkan oleh orang lain sehingga Developer Facebook langsung memblokir domain tersebut, jadi saya harap sesama pengguna Facebook jangan melaporkan jika website tersebut bermanfaat bagi orang lain.

Perlu di garis bawahi, cara ini hanya bagi anda yang belum terkena SPAM Facebook, jika sudah terkena SPAM Facebook cara ini mungkin hanya sia-sia, jika sudah terkena SPAM Facebook anda hanya dapat mengajukan banding ke Facebook. Jadi sebelum URL webiste anda terkena SPAM Facebook sebaiknya anda melakukan cara ini, agar terverifikasi oleh pihak Facebook.

Pertama, buka situs Facebook Developer klik disini. Pada halaman Facebook Developer silahkan anda masuk ke Pengaturan Bisnis klik disini. Selanjutnya login Facebook dengan akun yang sudah ada, lalu buat akun bisnis terlebih dahulu dengan meng-klik Buat Akun.


Silahkan masukan nama bisnis anda, nama anda, dan E-mail anda. Contoh sebagai berikut.


Kemudian anda diminta memasukan negara anda, alamat, kota, negara, kode pos, nomor telepon, situs website. Contoh sebagai berikut.


[Catatan] Usahakan mengisi data sesuai Facebook anda agar ketika terjadi masalah anda mudah dalam memperbaikinya.

Jika berhasil maka akan tampil seperti ini dan akan ada kode konfirmasi yang dikirim melalui E-mail yang anda gunakan tadi. Silahkan konfirmasi kode tersebut.


Setelah selesai meng-konfirmasi maka anda akan langsung dibawa ke akun bisnis yang baru saja anda buat.


Kedua, pada halaman diatas silahkan anda klik Keamanan Merk --> lalu klik Domain.


[Catatan] Akun bisnis Facebook ini dapat digunakan untuk memverifikasi URL website lainnya walaupun dalam pendaftaran awal berbeda dengan URL yang anda masukan. Jadi anda tidak perlu membuat akun bisnis Facebook terlalu banyak cukup satu saja namun dapat digunakan untuk memverifikasi URL website lainnya.

Pada halaman tersebut silahkan klik + Tambahkan yang saya beri tanda panah merah. Maka akan tampil pop-up seperti ini --> lalu masukan URL website anda yang ingin di verifikasi.


[Catatan] URL website yang dapat di verifikasi jika memiliki Cpanel, jika domain yang anda gunakan gratisan tidak dapat diverifikasi karena tidak memiliki Cpanel. Cpanel terdapat jika anda membeli domain di penyedia layanan domain atau jika anda menggunakan domain dari pemerintah seperti waluyojati.desa.id maka anda harus memiliki hosting untuk melakukan verifikasi.

Setelah menambahkan domain, silahkan refresh halaman akun bisnis anda agar muncul kode yang harus anda masukan ke dalam Cpanel.


Disini terdapat 2 cara untuk memverifikasi domain tersebut. Pertama, melalui Cpanel dari penyedia domain, disini saya mencontohkan melalui Cpanel Niagahoster. Silahkan anda buka DNS Management, letak DNS Management setiap penyedia layanan berbeda-beda, sehingga anda harus mencarinya atau hubungi Customer Servis jika anda bingung, cara menghubungi Customer Service biasanya terdapat tampilan chat di pojok bawah halaman penyedia layanan.

Perlu di garis bawahi, cara pertama ini hanya untuk domain yang membeli dari penyedia layanan umum.


Jika sudah menemukan silahkan klik Add New Record.


Anda cukup merubah Record type menjadi TXT Record dan masukan Text data sesuai kode yang dari Facebook bisnis tadi, contoh seperti gambar dibawah ini. Jika sudah klik Save changes.


Kemudian kembali lagi pada halaman Facebook bisnis tadi lalu klik Verifikasi.


Jika berhasil maka akan kalimat Menunggu Verifikasi akan hilang.


Cara kedua, buka Cpanel hosting anda --> lalu cari menu Zone Editor.

Perlu di garis bawahi, cara kedua ini hanya untuk domain yang diberikan pemerintah, sehingga hanya dapat di verifikasi melalui hosting, sehingga anda harus membeli atau menggunakan hosting terlebih dahulu.


Setelah anda klik Zone Editor maka akan tampil pengaturan DNS website anda, silahkan anda klik Manage.


Pada halaman manage, Klik + Add Record --> lalu masukan domain anda contoh waluyojati.desa.id. (diakhiri dengan tanda titik), ubah Type menjadi TXT dan masukan kode verifikasi Facebook ke Record. Contoh seperti gambar dibawah ini. Jika sudah klik Add Record.


Maka akan tampil seperti ini.


Langkah terakhir silahkan anda kembali ke halaman Facebook bisnis lalu klik verifikasi seperti langkah pertama.

Itulah cara mencegah URL/Domain website di anggap SPAM oleh Facebook, berikan komentar anda jika ada hal yang mungkin kurang di mengerti. Dan semoga bermanfaat . . .

2 Responses to "Cara Mencegah Domain Website di Anggap SPAM Facebook 100% Work"

  1. Hello....
    Thank you for this awesome tutorial, it very informative.
    But I have a question.
    My question here is that, if I follow the above tutorial completely. Those it mean Facebook will never block my url even if I sparm?

    Commenting from <a href="https://www.tutorialbros.com>TutorialBros.com</a>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sure, you can free share your URL in Facebook when you complate verification your URL in webmaster Facebook. Good luck 👌

      Delete

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel