WhatsApp vs Telegram | Kelebihan dan Kekurangan Lengkap

Selamat Datang di Wahyu Development, kali ini saya akan membagikan informasi mengenai aplikasi smartphone pengirim pesan (chatting). Kini aplikasi pengirim pesan sudahlah sangat banyak penggunanya, karena sudah banyak masyarakat yang beralih ke internet sehingga aplikasi pengirim pesan sangatlah dibutuhkan masyarakat. Akan tetapi  di Indonesia atau mungkin banyak di Negara lain banyak pembatasan dalam aplikasi pengirim pesan yang terkenal yakni WhatsApp, kini aplikasi WhatsApp sudah banyak mengalami pembatasan oleh pemerintah, hal ini dikarenakan agar berita hoax tidak bersebaran di media sosial WhatsApp.

Tahukah anda apakah hanya itu aplikasi pengirim pesan yang mudah? Sebenarnya sebelum WhatsApp dibuat sudah ada aplikasi pengirim pesan yang telah diciptakan oleh sekelompok orang dan diberinama Telegram. Apa perbandingan WhatsApp dengan Telegram?

WhatsApp vs Telegram
  1. WhatsApp memiliki menu chatting dan Telegram pun juga memiliki menu chatting, akan tetapi WhatsApp memiliki menu update status dan panggilan yang terlihat dibagian pembukaan aplikasi. Sedangkan Telegram tidak memiliki menu update status dan menu panggilan tidak ditampilkan sendiri melainkan menjadi satu dibagian nama kontak. Sehingga WhatsApp lebih unggul jika menggunakan menu update status, akan tetapi Telegram juga mempunyai kelebihan dimana dapat membuat sebuah pesan-bot (robot), yakni pesan pembalas otomatis sesuai dengan pengaturan yang dibuat oleh anda sendiri, sehingga dengan bot-Telegram dapat mempromosikan produk secara otomatis.
  2. WhatsApp memiliki login web dengan menggunakan code QR sedangkan Telegram login web hanya menggunakan nomor telephone dan code verifikasi yang dikirim melalui Telegram. Jadi WhatsApp dengan Telegram lebih memudah Telegram jika menggunakan login web, login web Telegram juga dapat dilengkapi dengan password sehingga tidak mudah orang membuka pesan di aplikasi Telegram.
  3. WhatsApp memiliki pesan enkripsi End to End yang artinya pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima, begitu juga Telegram sudah lebih dulu menggunakan enkripsi End to End untuk melindungi privacy pesan.
  4. WhatsApp hanya dapat mengirim file maksimal 16 Mega Byte. Sedangkan Telegram dapat mengirim file hingga 1,5 Giga Byte sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk anda yang suka mengirim file dengan ukuran yang besar, bahkan untuk gambar tidak mengurangi resolusi gambar.
  5. WhatsApp memiliki sebuah backup data melalui alamat Email yang telah anda setting sebelumnya dan WhatsApp tidak menjamin data akan tetap ada, sehingga jika handphone anda rusak maka pesan yang ada di aplikasi WhatsApp akan hilang dan jika di backup/restore tidak sepenuhnya kembali dan untuk pesan yang ada di grup pasti akan hilang. Sedangkan Telegram memiliki backup data yang tinggi, walaupun handphone anda rusak dan harus menggunakan aplikasi Telegram baru, pesan yang ada tidak akan hilang, bahkan pesan ataupun gambar/video dalam grup juga tidak akan hilang.
Saya sarankan bagi anda yang sangat menyanyangi sebuah data segera berpindah ke aplikasi Telegram, agar data anda tidak mudah hilang dan aman dari pembatasan jaringan. Itulah kelebihan dan kekurangan aplikasi WhatsApp dengan Telegram, silahkan share informasi ini agar dapat membantu masalah saudara anda dan semoga bermanfaat . . .

2 Responses to "WhatsApp vs Telegram | Kelebihan dan Kekurangan Lengkap"

  1. Informasi kelebihan telegram sangat berguna, saya mengalami kendala saat mengirim foto ukuran besar ternyata telegram yang memiliki kelebihan lebih, bisa utuh untuk mengirim foto beresolusi besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, dan kini sudah banyak masyarakat yang migrasi ke telegram :)

      Delete

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel