Cara Install Windows XP Lengkap dengan Gambar


Selamat datang di Wahyu Development, kali ini saya akan membagikan cara instalasi Windows XP, perlu anda ketahui Windows XP bukan lah Windows pertama yang dibuat oleh Microsoft, Windows XP dirilis pada 25 Oktober 2001. Ok langsung saja cara instal Windows XP. Tutorial YouTube klik disini.

Pertama anda harus mempunyai file Windows XP, jika anda belum mempunyai silahkan download disini.
Jika sudah masukan CD atau Flash Disk ke komputer anda. Sebelum melakukan instalasi anda harus mengatur BIOS terlebih dahulu, cara mengatur BIOS ada disini.
Setelah atur BIOS simpan pengaturannya dengan menekan tombol F10 atau F4.
Secara otomatis komputer akan merestart, dan kemudian akan tampil proses instal.


Setelah proses setup starting windows selesai maka akan tampil menu dimana menu tersebut menawarkan pilihan :
  1. Enter untuk melanjutkan instalasi
  2. R untuk memperbaiki sistem yang sudah pernah ada namun error
  3. F3 untuk keluar dari proses instalasi
Maka anda harus menekan Enter untuk melanjutkan instalasi


Kemudian muncul licensi windows xp, untuk melanjutkannya anda harus menekan tombol F8 untuk setuju.


Selanjutnya menu pembagian partisi, perlu diingat dalam pembagian partisi anda harus menggunakan seperlunya, maksutnya adalah anda harus memberikan ukuran kapasitas sesuai kebutuhan agar data anda masih memiliki ruang di dalam komputer. Di menu ini ada tiga tombol :
  1. Enter untuk melanjutkan instal
  2. C untuk membuat partisi
  3. D untuk menghapus partisi

Pembagian partisi disini dituliskan menggunakan satuan Mega Byte maka jika anda ingin mengisikan partisi 60 Giga Byte maka anda harus menuliskan 60.000, hal ini setara dengan ukuran 60 Giga Byte. Untuk lebih lanjut mengetahui jenis kapasitas klik disini.


Jika sudah tekan enter untuk menerapkan partisi. Partisi yang pertama dibuat ialah untuk Local Disk C, yaitu tempat penyimpanan data sistem windows dan aplikasi.


Lakukan hal yang sama pada partisi berikutnya, jika anda ingin membuat tiga partisi maka partisi yang kedua ini anda harus menentukan jumlah kapasitas yang akan dimasukan, tapi jika anda hanya menggunakan dua partisi anda cukup menekan tombol C lalu Enter tanpa harus menghapus angka. Jika sudah maka akan tampil seperti ini


Jika anda bingung keapa Local Disk tidak menjadi D malah menjadi E itu tidaklah mempengaruhi dan hal itu dapat diubah setelah menyelesaikan instalasi. Berikutnya tekan enter dan akan tampil menu pemilihan format, gunakan format yang cepat (quick) lalu enter


Langkah selanjutnya anda diminta menunggu sampai pengcopian system selesai.


Jika sudah selesai maka komputer akan merestart secara otomatis, saat komputer mulai booting kembali jangan melakukan aktifitas keyboard karena dapat menyebabkan pengulangan kembali jika anda menekan tombol enter

Selanjunya setelah selesai booting maka komputer akan kembali menlanjutkan instalasi, yakni anda diminta untuk memasukan nama anda dan organisasi anda (bebas)


Kemudian anda diminta memasukan Code Product Windows XP
BR89Q-4B9GB-9DPFD-M2PY3-R3F83


Selanjutnya menu pengisian password, pada menu ini terserah anda apakah windows anda akan diberi password atau tidak, jika tidak klik next saja.


Selanjutnya penggantian waktu pada komputer anda, hal ini dilakukan agar anda dapat melihat waktu dan tanggal saat bekerja didepan komputer


Lalu anda diminta mengatur jaringan local anda, jika anda tidak mengetahui maksud dan tujuan yang ingin anda pilih saya sarankan pilih Typical Setting karena itu adalah saran yang diberikan system kepada anda, maksutnya itu adalah yang terbaik buat anda.


Lalu pemberian nama pada jaringan komputer anda (work groub), anda dapat merubahnya sesuai dengan keinginan anda atau jika tidak langsung next saja.


Kemudian tunggu lagi sampai proses finising selesai. Kemudian komputer akan reboot kembali dan kemudian akan tampil seperti ini klik saja OK.


Selanjunya klik next saja, lalu pilih Not Right Now yang artinya jangan melakukan update secara otomatis jika tersambung keinternet.


Kemudian proses penghubungan ke jaringan internet dalam hal ini tidak kita butuhkan jadi klik skip saja.


Selanjutnya klik Yes, I'd like to register with microsoft now.


Kemudian jika muncul menu pengisian nama yang banyak seperti gambar dibawah ini klik skip saja karena pengisian nama dimenu berikutnya saja.


Langkah terakhir pemberian nama pada komputer anda.


Jika sumua langkah diatas sudah dilakukan maka selesailah penginstalan windows xp.




Itulah cara instal windows xp, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan komentar anda tentang ini . . .

0 Response to "Cara Install Windows XP Lengkap dengan Gambar"

Post a Comment

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel