Smart Village Desa Berjaya Provinsi Lampung



SmartVillage adalah salah satu janji Gubernur Provinsi Lampung Bpk. Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung Ibu Hj. Chusnunia Chalim M.Si., M.Kn., Ph.D. ke-30 untuk periode 2019 - 2024.

Apa itu SmartVillage?


SmartVillage berarti Desa Pintar, dimana desa harus mampu dan memanfaatkan internet untuk melakukan aktivitas pemerintahan, seperti pelayanan masyarakat.

SmartVillage mencangkup 3 (tiga) kategori :
  1. Pemerintahan
  2. Ekonomi Kreatif
  3. Sumber Daya Manusia

SmartVillage dalam Pemerintahan, disosialisasikan oleh CEO DJ Corp Bpk. David Kurniawan, S.Kom. ke berbagai wilayah di Provinsi Lampung. Sistem yang digunakan untuk SmartVillage adalah OpenSID.

Dimana dengan menggunakan OpenSID data kependudukan dapat di pantau langsung oleh desa, sehingga data lebih akurat, tidak hanya itu dengan membuat sistem ini desa dapat melakukan pelayanan secara online dan arsip surat juga dapat tersimpan dengan baik oleh sistem, serta secara otomatis daftar hasil pembuatan surat juga sudah di rekap, sehingga memudahkan petugas kearsipan untuk mengelola dokumen.

SmartVillage ini akan diikuti oleh 2.435 desa yang ada di Provinsi Lampung dari 205 Kelurahan, 228 Kecamatan, dan 13 Kabupaten.

SmartVillage dalam Ekonomi Kreatif, Badan Usaha Milik Desa atau sering disebut BUMDes adalah peran utama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dimana BUMDes dapat menciptakan usaha-usaha di desa agar produktivitas masyarakat meningkat, seperti yang diingkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) BUMDes dapat membuat Galeri Bisnis, ikut bekerja sama dengan desa tetangga untuk mengelola wisata jika desa anda tidak terdapat tempat wisata, membuat brilink dan lain sebagainya.

Dalam hal ini peran internet sangat lah penting untuk memasarkan produk atau tempat wisata yang ada di desa agar menjangkau wilayah yang lebih luas.

Hal apa yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk desa?


Anda dapat membuat sebuah website dengan konten-konten yang menarik dan lakukan optimasi SEO agar artikel anda disarakan oleh Google. Tidak hanya itu dengan membuat website anda cukup membagikan satu konten yang menarik ke media sosial, dengan demikian secara otomatis konten-konten lainnya akan dapat dilihat oleh pengunjung yang mungkin tertarik dengan produk atau tempat wisata yang ada di desa.

SmartVillage dalam Sumber Daya Manusia, mungkin untuk membangun atau meningkatkan SDM tentang peran internet dalam dunia perdagangan dan bisnis lainnya dapat meningkatkan penghasilan.

Dengan mensosialisasikan informasi ini dapat membuat masyarakat ingin dan mau belajar tentang Digital Marketing, semakin banyak masyarakat yang menerima manfaat maka semakin banyak masyarakat yang berminat untuk belajar.

Dalam membangun SmartVillage atau Desa Pintar sangatlah dibutuhkan kerja keras dan kesabaran, tapi yakinlah kebaikan dan kebermanfaatan anda bagi desa tidak akan pernah hilang walau berganti jaman. Dan rezeki seseorang terletak di Kemuliaan dan Kebahagiaan Orang lain.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat . . .

0 Response to "Smart Village Desa Berjaya Provinsi Lampung"

Post a Comment

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel