Cara Memperbaiki Aplikasi Yang Terkena Suspend dan Penyebabnya di Playstore Lengkap


Wahyu Development - Bagaimana cara memperbaiki aplikasi yang di suspend oleh Google serta apa penyebabnya?

Seperti yang anda ketahui pada artikel sebelumnya, Playstore memiliki ketentuan dan aturan yang harus anda taati ketika ingin mempublikasikan aplikasi di Playstore, dalam hal ini ada beberapa yang harus anda perhatikan.

Sebelum membahas cara memperbaiki atau menindak lanjuti aplikasi yang di suspend oleh Google, sebaiknya anda mengetahui beberapa hal yang harus anda patuhi, terutama menggunakan webview.


Apa penyebab aplikasi di suspend?

Penyebab aplikasi di suspend oleh Google pada layanan Playstore sebagai berikut :

  1. Konten webview yang anda gunakan bukan milik anda;
  2. Tidak mengizinkan webview menuju halaman YouTube, apabila website anda mengandung link menuju YouTube sebaiknya hapus terlebih dahulu;
  3. Tujuan pengguna aplikasi tidak sesuai dengan isi website, dimana aturan Google Playstore ada perundang-undangan untuk anak;
  4. Aplikasi yang menyesatkan atau merusak perangkat.

Lalu bagaimana cara memperbaiki (menindak lanjuti) peringatan dari Google Playstore?

Dalam hal ini silahkan anda buka E-mail yang anda gunakan untuk login ke Google Play Console, dimana setiap peringatan akan di kirimkan melalui E-mail yang terdaftar.

Berikut solusi dari setiap masalah diatas :

Konten webview yang anda gunakan bukan milik anda

Jika konten webview anda di suspend dengan indikasi seperti berikut yang dikirimkan melalui E-mail anda.


Pada gambar diatas suspend tidak jelas dan hanya ada screenshot website tanpa ada keterangan di dalamnya.

Hal ini berarti aplikasi webview anda terindikasi bukan milik anda, padahal sebenarnya itu milik anda. Cara mengatasi silahkan anda klik Policy support team.


Maka akan tampil halaman policy support team google play console, silahkan anda klik I have read the above and would like to file an appeal. Jika anda tidak paham silahkan anda dapat melakukan translate dengan cara klik kanan pada browser --> lalu pilih Translate.


Selanjutnya scroll kebawah lalu isi kolom sesuai data anda dan aplikasi yang bermasalah.


Kemudian scroll kebawah kembali, lalu isikan pesan yang ingin anda sampaikan, disini saya memberi contoh sebagai berikut.
ini adalah website asli saya, dan saya sudah membaca aturan Google Play Console dan saya rasa website saya tidak melanggar aturan tersebut, mohon untuk di tinjau kembali aplikasi saya. Terimakasih
This is my original website, and I have read the Google Play Console rules and I don't think my website violates these rules, please review my application again. Thank you
Perhatikan halaman support team google, jika menggunakan bahasa indonesia silahkan masukan teks bahasa indonesia, jika bahasa inggris masukan teks dengan bahasa inggris. Lalu pilih jawaban yang pertama, yang artinya anda tidak melakukan pelanggaran.


Jika sudah silahkan anda klik Submit dibawah halaman. Dengan demikian anda hanya perlu menunggu setidaknya 2-3 hari jam kerja, seperti pesan yang saya beri garis bawah pada gambar diatas.

Jika sudah 2-3 hari jam kerja maka anda akan mendapatkan pesan masuk dari google seperti ini.


Silahkan anda balas pesan tersebut dengan mengirimkan screenshot dari Google search Console dan jadikan file PDF, berikut pesan yang saya kirimkan ke Support google team.


Setelah pengajuan banding selesai, maka anda akan dikirimkan pesan kembali seperti ini.


Dalam menindak lanjuti pesan diatas, anda diminta mengirimkan kembali aplikasi anda di Playstore dengan versi code terbaru, untuk memahami cara update aplikasi anda dapat membaca artikel berikut ini.


Tidak mengizinkan webview menuju halaman YouTube

Dalam permasalahan ini pihak Google akan mengirimkan pesan seperti berikut.



Untuk memperbaiki masalah diatas, silahkan anda hapus terlebih dahulu informasi yang diberikan oleh Google dan kemudian anda harus meng-upload kembali (review ulang) aplikasi dengan versi code terbaru.

Tujuan pengguna aplikasi tidak sesuai dengan isi website

Untuk masalah ini google akan mengirimkan pesan hanya seperti ini saja, tanpa anda informasi lainnya.


Untuk mengatasi hal ini pihak google menyarankan meng-upload aplikasi baru dengan nama aplikasi dan package name berbeda serta arahkan aplikasi anda untuk umur 18+ keatas jangan dibawah 18+ hal ini agar aplikasi anda aman.

Aplikasi seperti ini biasanya adalah aplikasi streaming film atau informasi dewasa lainnya. Perlu di perhatikan informasi atau streaming film bukan yang mengandung unsur porno grafi ataupun informasi kekerasan, jika hal ini terjadi maka aplikasi anda akan di tolak. 

Itulah penyebab dan cara memperbaiki aplikasi yang terkena suspend oleh Google, berikan komentar anda semoga bermanfaat . . .

0 Response to "Cara Memperbaiki Aplikasi Yang Terkena Suspend dan Penyebabnya di Playstore Lengkap"

Post a Comment

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel