Cara Mendapatkan SSL Gratis Tanpa Biaya Tambahan (Free SSL)


Wahyu Development - Bagaimana cara membuat domain terverifikasi SSL di hosting tanpa harus membeli auto SSL?

Secure Sockets Layer (SSL) adalah sebuah keamanan digital untuk mengamankan informasi yang bersifat sensitif, misalnya data pribadi, pembayaran, atau informasi login, saat proses transmisi. Dalam hal ini ada tiga (3) alasan mengapa SSL itu perlu di aktifkan:



  1. Anda membutuhkan otentikasi. Server apa pun bisa berpura-pura menjadi server Anda, mencuri semua informasi yang dikirimkan lewat website Anda. Di sini, SSL/TLS memungkinkan Anda untuk menampilkan identitas server sehingga visitor atau klien bisa tahu siapa Anda.
  2. Untuk mendapatkan kepercayaan. Jika Anda sedang mengelola situs e-cimmerce atau meminta data penting dari user, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun kepercayaan. Memasang SSL/TLS adalah cara yang cukup efektif untuk menunjukkan pada semua visitor dan klien bahwa website Anda benar-benar bisa dipercaya.
  3. Patuh dengan aturan yang ditetapkan. Di beberapa industri dan bidang, seperti keuangan, Anda diwajibkan untuk mengelola dan mempertahankan kemanan dasar. Selain itu, juga ada panduan Payment Card Industry (PCI) yang harus diikuti jika Anda ingin klien memasukkan informasi kartu kredit via website. Untuk itu, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah penggunaan sertifikat SSL/TLS.


Tahukah anda ketika anda membeli sebuah hosting ataupun menggunakan hosting gratis, mereka tidak menambahkan Auto SSL pada hosting anda melainkan ketika membeli anda harus menyetujui pembelian SSL per tahun yakni kisaran Rp. 125.000, memang ada hosting yang mendapatkan Auto SSL secara gratis, tapi perlu anda ketahui, semua itu berbayar, hanya saja harga tersebut sudah diakumulasikan sehingga SSL menjadi gratis.

Lalu bagaimana cara mendapatkan SSL dengan hosting Gratis ataupun ketika membeli hosting tidak menceklis Auto SSL?

Cara untuk mendapatkan Auto SSL sangatlah mudah, anda tidak perlu membayar SSL, karena di internet domain anda sudah tersertifikasi SSL hanya saja anda perlu mengaktifkan saja dengan mendapatkan sertifikasi code domain anda.


Pertama, silahkan anda buka halaman SSL Gratis klik disini. Silahkan masukan domain anda yang ingin di sertifikasi SSL. Disini saya mencontohkan menggunakan hosting infinityfree yang notabennya adalah hosting gratis sehingga tidak ada SSL.


Silahkan klik Create Free SSL Certificate, lalu klik Manual verification (DNS).


Selanjutnya scroll kebawah lalu klik Manually Verifi Domain.


Kemudian scroll kebawah lagi dan masukan data tersebut di DNS Management anda.


Cara memasukannya silahkan anda buka akun Cloudflare  anda, lalu klik DNS. Jika anda belum mempunyai akun cloudflare berikut tutorialnya.



Kedua, klik +Add recored --> pilih TXT. Lalu masukan data di halaman SSL Gratis tersebut ke kolom TXT.


Jika sudah klik Save.

Ketiga, silahkan anda klik Verify _acme-challenge.tutorial.007.my.id.


Dimana hal ini untuk mengetahui apakah kode TXT tadi sudah dipasang atau belum, jika sudah maka akan tampil seperti ini.


Selanjutnya silahkan anda klik Download SSL Certificate. Ketika sudah selesai loading maka akan tampil seperti ini.


Silahkan anda scroll kebawah dan masukan data tersebut di menu SSL di Cpanel.

Cara memasukannya, silahkan anda buka Cpanel anda lalu cari SSL/TSL.


Lalu klik Manage SSL Site.


Lalu masukan data dari SSL Gratis ke kolom yang tersedia. Masukan kode sesuai tempatnya, harap baca judul kolom sebelum memasukannya agar tidak salah memasukannya.


Langkah terakhir anda cukup klik Install Certificate. Dengan demikian domain ataupun subdomain anda sudah mendapatkan SSL Gratis.


Maka ketika anda cek SSL domain ataupun subdomain akan tampil seperti ini.


Itulah tutorial bagaimana cara mendapatkan SSL atau https pada alamat website, berikan komentar anda dan jika ada hal yang mungkin belum dipahami silahkan komentar dibawah ataupun ada tutorial yang anda inginkan dapat request melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat . . .

0 Response to "Cara Mendapatkan SSL Gratis Tanpa Biaya Tambahan (Free SSL)"

Post a Comment

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel