Cara Mudah Membuat Flashdisk Bootable dengan Rufus Lengkap


Selamat Datang di Wahyu Development, kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat Flashdisk Bootable. Apa itu Flashdisk Bootable? Perlu anda ketahui sebelumnya, bahwa dulu untuk melakukan instalasi harus menggunakan CD atau DVD yang sudah di burning sistem operasi, sedangkan kini sudah tidak menggunakan CD atau DVD karena kinerja atau jalannya penginstalan dengan CD atau DVD kurang efektif (cepat), sehingga memunculkan cara baru yakni dengan menggunakan Flashdisk Bootable.


Flashdisk Bootable adalah flashdisk yang sudah diburning sistem operasi, dimana flashdisk ini nantinya digunakan untuk melakukan instalasi komputer, hal ini akan lebih efektif dan jarang terjadi kesalahan dibandingkan dengan menggunakan CD atau DVD.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat Flashdisk Bootable dengan Rufus, sebelum lanjut ke tutorial silahkan anda unduh terlebih dahulu jika anda belum mempunyai file Rufus disini. Rufus disini sifatnya bootable sehingga tidak memerlukan install pada sistem operasi dan kompatibel dengan semua sistem operasi windows.

Pertama buka aplikasi Rufus tersebut dengan melakukan double klik pada file rufus.exe


Kemudian akan tampil tampilan rufus. Silahkan masukan Flashdisk anda maka secara otomatis akan terdeteksi oleh rufus.


Sebelum melakukan burning pada Flashdisk menggunakan rufus, silahkan anda perhatikan dulu BIOS pada komputer anda apakah menggunakan MBR atau GPT. MBR adalah jenis sistem BIOS yang memiliki partisi berbeda dengan  GPTHal ini jelas berbeda, karena mainboard pada komputer hanya dapat diinstal sesuai jenis BIOS, karena BIOS adalah antarmuka pertama sebelum melakukan instalasi.

Salah satu contoh BIOS yang menggunakan skema MBR adalah BIOS tersebut memiliki tampilan sederhana sedangkan GPT memiliki tampilan menu yang lebih kompleks

Disini Rufus memiliki 2 Skema sistem partisi yakni MBR dan GPT. Jika BIOS anda menggunakan MBR silahkan anda pilih Skema partisi MBR untuk BIOS atau UEFI.


Sedangkan jika BIOS anda menggunakan GPT silahkan anda pilih Skema partisi GPT Untuk UEFI.


[Catatan] perlu diingat jika anda ingin memburning Flashdisk menjadi Bootable file ISO yang digunakan hanya memiliki satu versi, artinya jika anda ingin menginstall BIOS yang menggunakan sistem GPT anda tidak bisa menggunakan file ISO yang memiliki lebih dari satu versi. Contoh versi Windows 10 32bit yang hanya dapat digunakan, jika menggunakan versi Windows 10 All in One maka tidak akan bekerja dengan baik.

Langkah berikutnya silahkan pilih file ISO yang anda miliki, jika anda belum memiliki file ISO sistem operasi anda dapat mengunduhnya disini.


Setelah memilih file ISO yang ingin di jadikan Bootable, langkah berikutnya klik Mulai. Disini anda hanya diminta merubah Flashdisk yang ingin digunakan, jenis Skema dan file ISO, yang lainnya biarkan saja.


[Catatan] pastikan komputer untuk membuat Flashdisk Bootable untuk pertama kalinya terkoneksi internet. Karena rufus akan mengunduh file yang dibutuhkan.

Jika sudah selesai Flashdisk Bootable sudah dapat anda gunakan untuk instalasi ataupun untuk memperbaiki sistem komputer.

Rufus ini dapat membuat Bootable apa saja, akan tetapi file rufus ini hanya bisa berjalan di sistem windows. Itulah tutorial membuat Flashdisk Bootable dengan Rufus, berikan komentar anda dan semoga bermanfaat . . .

2 Responses to "Cara Mudah Membuat Flashdisk Bootable dengan Rufus Lengkap"

  1. Terimakasih min informasinya :)
    Izin unduh bahannya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimaksih kembali, senang bisa membantu anda :)

      Delete

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel