Informasi Update Algoritma Google Terbaru September 2019
Selamat Datang di Wahyu Development, kali ini saya akan membagikan informasi mengenai pembaruan Algoritma Google September Tahun 2019. Saya membuat artikel ini untuk memberikan informasi mengenai kalangan publisher, dimana kesulitan dalam melakukan submit URL ke Google Console. Perlu diketahui pada setahun sekali Google melakukan perubahan algoritma besar-besaran, tepatnya pada bulan September 2019 ini.
Pihak google telah memberikan informasi melaui halamannya, bahwa pembaruan algoritma ini berfokus pada konten, sehingga anda dituntut untuk membuat konten yang bermanfaat, berikut beberapa konten yang ditanyakan pihak google:
Konten dan pertanyaan kualitas
- Apakah konten memberikan informasi, pelaporan, penelitian, atau analisis asli?
- Apakah konten memberikan uraian topik yang substansial, lengkap atau komprehensif?
- Apakah kontennya memberikan analisis mendalam atau informasi menarik yang tidak jelas?
- Jika konten tersebut diambil dari sumber lain, apakah ia menghindari penyalinan atau penulisan ulang sumber-sumber itu dan malah memberikan nilai tambah dan orisinalitas yang substansial?
- Apakah judul dan / atau judul halaman menyediakan ringkasan konten yang deskriptif dan bermanfaat?
- Apakah tajuk dan / atau judul halaman tidak berlebihan atau mengejutkan?
- Apakah ini jenis halaman yang ingin Anda tandai, bagikan dengan teman, atau rekomendasikan?
- Apakah Anda berharap melihat konten ini di atau dirujuk oleh majalah cetak, ensiklopedia, atau buku?
Pertanyaan keahlian
- Apakah konten menyajikan informasi dengan cara yang membuat Anda ingin mempercayainya, seperti sumber yang jelas, bukti keahlian yang terlibat, latar belakang tentang penulis atau situs yang menerbitkannya, seperti melalui tautan ke halaman penulis atau tentang situs tentang halaman?
- Jika Anda meneliti situs yang memproduksi konten, apakah Anda akan meninggalkan kesan bahwa situs tersebut dipercaya atau diakui secara luas sebagai otoritas pada topiknya?
- Apakah konten ini ditulis oleh seorang ahli atau penggila yang terbukti tahu topik dengan baik?
- Apakah konten bebas dari kesalahan faktual yang mudah diverifikasi?
- Apakah Anda merasa nyaman mempercayai konten ini untuk masalah yang berkaitan dengan uang atau kehidupan Anda?
Pertanyaan presentasi dan produksi
- Apakah konten bebas dari masalah ejaan atau gaya?
- Apakah kontennya diproduksi dengan baik, atau apakah itu tampak ceroboh atau dibuat dengan tergesa-gesa?
- Apakah konten diproduksi secara massal oleh atau di-outsource ke sejumlah besar pencipta, atau tersebar di jaringan situs yang besar, sehingga setiap halaman atau situs tidak mendapat banyak perhatian atau perhatian?
- Apakah konten tersebut memiliki jumlah iklan berlebihan yang mengganggu atau mengganggu konten utama?
- Apakah konten ditampilkan dengan baik untuk perangkat seluler saat dilihat?
Pertanyaan komparatif
- Apakah konten memberikan nilai substansial bila dibandingkan dengan halaman lain dalam hasil pencarian?
- Apakah konten tampaknya melayani minat asli pengunjung ke situs atau apakah tampaknya hanya ada oleh seseorang yang mencoba menebak apa yang mungkin peringkat baik di mesin pencari?
Sumber: https://webmasters.googleblog.com/2019/08/core-updates.html
Selain pembaruan algoritma tentang konten, google juga melakukan penerapan meta tag yang diperlukan, dimana setiap artikel jika melampirkan sebuah image atau thumbnail harus menuliskan judul gambar sesuai judul artikel sebelum diupload. Sehingga penelusuran google dapat memberikan data terstruktur pada pencarian pengunjung.
Disini anda dapat menggunakan meta tag sebagai berikut:
Itulah penyebab kenapa artikel sulit diindex, semoga informasi ini dapat bermanfaat . . .
Disini anda dapat menggunakan meta tag sebagai berikut:
- "nosnippet"
Ini adalah opsi yang ada untuk menentukan bahwa Anda tidak ingin cuplikan teks ditampilkan untuk halaman ini. - "max-snippet:[number]"
Baru! Tentukan panjang teks maksimum, dalam karakter, dari cuplikan untuk halaman Anda. - "max-video-preview:[number]"
Baru! Tentukan durasi maksimum dalam detik dari pratinjau video animasi. - "max-image-preview:[setting]"
Baru! Tentukan ukuran maksimum pratinjau gambar yang akan ditampilkan untuk gambar di halaman ini, menggunakan "tidak ada", "standar", atau "besar".
<meta name="robots" content="max-snippet:50, max-image-preview:large">
Sumber: https://webmasters.googleblog.com/2019/09/more-controls-on-search.html
Itulah penyebab kenapa artikel sulit diindex, semoga informasi ini dapat bermanfaat . . .
terimakasih mas informasinya
ReplyDeleteInformasinya sangat membantu bagi saya karena traffic web menurun drastis, kata kunci banyak yg hilang dan melorot jauh. Semoga artikelnya bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi blogger pemula seperti saya, salam sukses...
ReplyDeleteOk gan, salam sukses juga untuk anda, semoga website anda dapat terbantu dengan ngikutin tips diatas😃
Delete