Google Search Console: Informasi dan Penjelasan Lengkap
Selamat Datang di Wahyu Development, kali ini saya ingin membagikan informasi mengenai Google Search Console. Google Search Console adalah sebuah halaman website yang disediakan oleh Google untuk mengindex halaman-halaman artikel yang dibagikan oleh penulis ke internet. Disini Google Search Console disebut sebagai Robot Pengindex, dimana website yang telah memasang META Google Search Console, semua artikelnya akan diindex oleh Google.
Kemudian tekan Enter, maka URL tersebut akan di cek terlebih dahulu, apakah sudah terindex atau belum, jika belum akan seperti ini.
Untuk membuat URL tersebut terindex, silahkan anda klik Request Indexing. Dengan demikian URL tersebut akan di review oleh robot dari Google Search Console. Jika sudah terindex tampilan URL tersebut akan berubah menjadi seperti ini. Untuk mengeceknya silahkan tekan tombol F5 atau masukan URL tadi ke kolom Inspect Any URL.
[Catatan] URL atau nama website harus sudah terindex untuk melakukan hal ini, jika belum maka anda harus menunggu antrian dari Google. Untuk membuat situs terindex silahkan baca artikel berikut ini.
Jika URL tersebut tidak dapat terindex itu karena konten yang anda buat sudah banyak yang mempostingnya, atau artikel anda kurang mendukung untuk masuk kehalaman google, ini disebabkan oleh plagiarism. Dalam plagiarism itu tidak hanya tulisan keterangan di website anda, tapi poin penting yang ada didalamnya, disini saya mencontohkan seperti software.
Kembali ke topik awal, disini saya akan menjelaskan keterangan-keterangan yang ada di Google Search Console. Keterangan ini biasanya belum banyak diketahui atau dimengerti oleh banyak publisher, maka dari itu saya akan mencoba menjelaskan secara sederhana.
Overview
Pada menu tersebut anda dapat melihat ringkasan mengenai traffic website anda dan informasi mengenai artikel yang sudah terindex. Pada menu Overview juga terdapat mengenai informasi artikel yang responsive dengan mobile serta informasi mengenai tampilan website anda di penelusuran Google seperti Sitelink.
Untuk mendapatkan sitelink (Kotak Pencarian Tautan Situs) anda harus memiliki banyak konten (Sub Menu) dimana Sub Menu ini menjelaskan artikel yang berbeda-beda, syarat utamanya adalah memasangkan LABEL pada setiap artikel.
Performance
Menu ini untuk melihat peforma situs anda di penelusuran google, disini saya akan memberikan contoh seperti ini.
Pada gambar diatas menginformasikan 4 hal:
- Total Klik, dalam informasi total klik menunjukan jumlah klik menuju website anda, maksudnya setiap pengunjung yang mengetikan keyword yang sedang di cari kemudian menemukan website anda lalu dia mengklik untuk melihat isi website anda, itu masuk kedalam akumulasi Total Klik.
- Total Tayang, mungkin anda bingung dalam hal ini kenapa Total Tayang lebih tinggi dibandingkan Total Klik. Jelas berbeda, Total Tayang dihitung seberapa sering website anda muncul di pencarian Google. Walaupun artikel anda ada dibawah (tidak page one) dan pengunjung tidak melakukan scroll ini akan tetap diakumulasikan ke Total Tayang.
- RKPT Rata-Rata, ini adalah informasi seberapa persen halaman website anda tayang di penelusuran Google dan menghasilkan klik pada website anda. Jadi, semakin tinggi persentasenya maka semakin bagus website anda.
- Posisi Rata-Rata, pada tampilan ini menunjukan jumlah posisi semua artikel ada di urutan keberapa di Penelusuran Google. Perlu digaris bawahi, maksud dari informasi ini ketika pengunjung menuliskan Short Keyword (Keyword Pendek) posisi website anda akan berada di urutan tersebut, akan tetapi jika pengunjung menuliskan keyword yang hampir sama dengan website anda maka artikel anda akan berada di page one.
Coverage
Pada menu ini banyak publisher yang masih bingung dalam menanggapi informasi yang ditampilkan, disini terdapat 4 informasi:
- Kesalahan, menginformasikan artikel atau URL anda yang sedang memiliki masalah, masalah disini artinya belum terindex, jadi untuk mengatasi masalah tersebut anda cukup submite URL seperti langkah diatas.
- Berlaku dengan peringatan, disini anda tidak perlu khawatir, ini hanya salah pengindexan. Ini tampil karena anda meletakan URL yang bukan URL asli dari artikel ke Menu atau Submenu yang ada dihalaman website anda, karena URL asli biasanya berakhiran .html tapi jika anda meletakan URL dimenu pasti hanya sebatas seperti ini /search/blog, inilah yang menyebabkan muncul URL dengan peringatan. Untuk mengatasinya anda harus mengubah URL tersebut ke URL asli, atau jika tidak dengan melakukan meta noindex, tapi resiko dengan meta noindex artikel baru anda akan sulit di index oleh google.
- Valid/Sah, adalah informasi mengenai URL yang sudah terindex oleh Google, jika anda hitung jumlah artikel yang ada di dasbor website anda sama dengan informasi ini, maka seluruh artikel anda sudah terindex.
- Dikecualikan, pada informasi ini banyaknya URL yang dikecualikan ini karena beberapa faktor:
Dikecualikan karena meta noindex, jadi jika ditemplate anda terdapat meta noindex maka google tidak salah, memang ini keinginan anda agar URL tersebut tidak terindex, untuk mengatasinya silahkan submite URL tersebut seperti contoh diatas.
Dikecualikan karena URL pernah digunakan orang lain, hal ini perlu anda ketahui, bahwa ketika URL yang baru dihapus membutuhkan waktu 90 hari agar dapat digunakan (terindex).
Dikecualikan karena halaman tidak ditemukan (401), ini wajar karena setiap publisher pasti pernah menghapus URL yang pernah dibuatnya, sehingga informasi dikecualikan akan tampil, walaupun ini tidak mengganggu URL artikel yang ada.
Dikeculikan karena tidak dapat diindex, ini biasanya karena artikel yang anda buat sudah banyak atau ada plagiarism pada artikel tersebut, seperti penjelasan diatas.
Dikecualikan karena URL Kanonis, URL kanonis adalah URL halaman yang dianggap Google sebagai paling representatif dari sekumpulan halaman duplikat di situs Anda. Misalnya, jika Anda memiliki URL untuk halaman yang sama(misalnya: example.com?dress=1234 dan example.com/dresses/1234),Google akan memilih salah satunya sebagai kanonis.
Dan dikecualikan karena pelanggaran yang pernah terjadi, sehingga URL tersebut tidak dapat dihapus ataupun digunakan lagi.
Peta Situs
Menu ini digunakan untuk submite URL website, agar website tersebut dapat terindex di penelusuran Google. Caranya cukup mudah anda hanya menambahkan kata sitemap.xml setelah URL website anda, untuk lebih lengkapnya.
Baca Juga: Cara Mendaftarkan Situs ke Google Console Lengkap dengan Gambar
Kebergunaan Mobil dan Kotak Pencarian Tautan Situs (Sitemaps)
Menu ini akan tampil ketika website anda dan artikel anda sudah banyak terindex digoogle, maka untuk mendapatkannya, silahkan anda perbanyak publikasi artikel yang bermanfaat.
Dan yang terakhir menu Link dan menu Pengaturan pada Google Search Console itu hanya untuk anda yang ingin melihat atau menautkan meta google search console ke beberapa penyedia layanan lainnya seperti DNS.
Itulah informasi dan penjelasan mengenai Google Search Console, berikan komentar anda jika ada hal yang perlu ditanyakan. Dan semoga bermanfaat . . .
0 Response to "Google Search Console: Informasi dan Penjelasan Lengkap"
Post a Comment
√ Komentar anda adalah motivasi kami!
√ Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
√ Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
√ Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
√ Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email