Cara Meningkatkan Speed Page pada Website 100% Work

Selamat datang di Wahyu Development, kali ini saya akan membagikan tutorial menaikan speed pada halaman website anda, mungkin banyak dari para bloggers yang mengalami speed page down, padahal image sudah di optimisasi, berarti hal ini bukan disebabkan karena image tapi karna iklan, setiap iklan memiliki kapasitas yang berbeda-beda, maka dari itu bagaimana agar halaman yang dibuat iklan sedikit lebih cepat.

Menurut riset saya, speed down karena iklan yang ada di tampilan halaman langsung dimuat menjadi satu, maka dari itu halaman akan membutuhkan banyak waktu untuk memuatnya. Trik ini membuat halaman akan memproses tampil pertama, maksudnya browser akan memproses halaman yang paling awal yang akan ditampilkan dan untuk halaman berikutnya akan di unduh kembali sembari pengunjung membaca, hal ini akan jauh lebih efisien karena loading page sedikit lebih cepat.

Riset saya, membuktikan trik ini hanya menaikan speed sekitar 15% saja pada website, ya sedikit membantu dari pada enggak :). Ok langsung saja trik menaikan speed page dengan Lazy Script.

Lazy Load Iklan AdSense
Pertama, buka akun blogger anda kemudian masuk kemenu Tema --> Edit HTML, pada menu ini tambahkan code berikut sebelum code </body>, biasanya code body terletak dibawah sendiri.


Setelah menempatkan code script diatas, langkah selanjutnya anda cari code script berikut ini :

https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
Kemudian hapus semua code script tersebut yang ada di html anda, anda tidak perlu khawatir code script ini aman digunakan karena script ini di kutip dari Google AdSense yang menyediakan layanan agar dapat mempercepat loading page. Kemudian Save, dan cek kecepatan speed anda. Jika masih lambat berarti image anda belum di optimisasi.

Lazy Load Gambar
Kedua, Jika image anda belum di optimisasi anda dapat menggunakan script berikut ini agar dapat meningkatkan kecepatan loading page. Fungsi script ini sama seperti diatas, hanya mengunduh image yang ditampilkan, jadi image yang ada dibawah tidak akan di untuh jika pengunjung tidak scroll kebawah, hal ini lah yang membantu speed page website anda.

Cara untuk meletakan script Lazy Image sama seperti diatas sebelum code </body>.


Dengan menambahkan code diatas ini maka semua gambar pada halaman tidak akan dimuat secara langsung, melainkan saat anda scroll kebawah maka image/gambar akan secara otomatis dimuat oleh browser.

Lazy Load File .Js
Ketiga, anda dapat menambahkan lazy load untuk script dengan extensi .Js, peletakan script ini juga sama saja, anda dapat meletakannya di atas atau sebelum code </body>



Untuk mencari file .Js di code HTML anda, anda cukup tekan tombol kombinasi CTRL+F lalu ketikan ".Js" tanpa tanda petik. Jika sudah menemukan file .Js silahkan anda ganti script diatas FILE .Js ANDA dengan file .Js yang sudah anda temukan. Jika file .Js anda banyak maka anda harus membuat script diatas juga banyak sesuai dengan file .Js anda, dan jika telah selesai dengan script ini silahkan anda hapus file .Js yang tadi anda temukan.

[Catatan] file .Js yang sudah ditemukan di copy lalu dimasukan kedalam script diatas, lalu hapus file .Js yang anda temukan, sehingga file .Js hanya ada 1 (satu).

Silahkan anda peraktekan semuanya atau gunakan satu per satu sesuai dengan kebutuhan anda. Jika sudah klik save tema anda, dan lihat lah hasilnya. Itulah tutorial meningkatkan speed page pada website anda, berikan komentar anda dan semoga bermanfaat . . .

4 Responses to "Cara Meningkatkan Speed Page pada Website 100% Work"

  1. Kebetulan Niweb ane agak lemot ladingnya, saya ciba deh tutorialnya ini, smoga gak lemot lagi loadibg nya, tapi koneksi internet nya jga lmooot

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya gan, senang bisa membantu anda :)

      Delete
  2. Udah pasang lazyload di homepage min 👍. Tapi semuanya tergantung kondisi koneksi internet, cepat atau kagak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, tapi setidaknya kita sudah memasang script tersebut agar memperingan pengguna 🙂

      Delete

Komentar anda adalah motivasi kami!
Untuk menyisipkan code gunakan
<i rel="code">Tuliskan Code</i>
Untuk menyisipkan gambar gunakan
<i rel="image">URL Gambar</i>
Untuk menyisipkan catatan gunakan
<b rel="quote">Tuliskan Catatan Anda</b>
Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel